Apa itu HRD dalam perusahaan?
Di dalam banyak perusahaan atau
industri, posisi Human Resources Development atau bagian
personalia merupakan salah satu bagian penting bagi kelangsungan hidup
perusahaan tersebut. Sering kali posisi HRD
dianggap sebagai nyawa dari suatu perusahaan sehingga tak jarang posisi ini
cenderung mendapat otoritas yang cukup tinggi dan dominan di posisi manajerial
perusahaan dalam mengambil langkah atau kebijakan bagi para pekerjanya.
Pada prakteknya, cukup banyak
dari para pencari kerja atau
jobseeker yang menginginkan posisi ini, terutama bagi para jobseeker yang
memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi, ekonomi atau hukum.
Mungkin banyak juga dari Anda yang tidak terlalu memahami tentang apa itu HRD
dan mengapa pekerjaan ini dianggap sebegitu penting dalam suatu perusahaan. HRD
atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai bidang sumber daya manusia, adalah
bagian atau divisi dalam suatu manajemen perusahaan yang bertugas untuk
mengatur serta mengembangkan sumber daya atau kemampuan seluruh pekerja yang
ada dalam suatu perusahaan. HRD bertanggung jawab penuh dalam proses
rekrutmen atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari kandidat
terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses
penyeleksian.
Seorang HRD juga bertanggungjawab penuh dalam mengelola dan
menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang ada serta mengembangkan
potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode seperti membuat
penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance
Index) dan juga memberikan pelatihan-pelatihan atau training mengenai
kepemiminan dan ketermapilan lain dalam dunia kerja.
Biasanya untuk menjadi seorang HRD dibutuhkan beberapa
persyartan khusus. Jika Anda melihat lowongan
kerja HRD yang ada di media massa maupun online, hanya mereka
yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi, ekonomi dan hukum
yang bisa mengisi pekerjaan HRD. Selain itu, untuk menjadi seorang HRD
diperlukan beberapa keahlian khusus seperti menguasai dan mampu mengoperasikan
alat tes psikologi, memahami undang–undang ketenagakerjaan dan juga sistem
penggajian (payment and payroll).
Maka cukup masuk akal jika mereka yang tergabung dalam bagian HRD
ini cenderung memiliki kedudukan dan otoritas yang cukup berpengaruh dalam
suatu perusahaan karena mereka ini memiliki tanggung jawab yang cukup berat,
yaitu mengurusi semua kepentingan dan keperluan keseluruhan dari pekerja yang
ada, bahkan termasuk mereka yang duduk kursi manajerial tertinggi.
Apa itu HRD dalam perusahaan?
Reviewed by Carilooker
on
6:45:00 AM
Rating:
No comments: